Thursday

Tapi, kenapa?

Satu.

A: Nisa..?
N: Hah? (bengong)
A: Hahaha iya, Nisa!
N: Eh... Hehe kok..... ketemu lagi? Eh maksudnya, kok disini, kok bisa? Eh...
A: Hahahahaha, lagi ngapain, Nis?
N: Lagi hmm hehehe gak ngapa-ngapain.. (masih bengong)
A: Oh yaudah, duluan ya.. Hati-hati, Nis!
N: Iya, lo juga ya hehe.. he.

Ketemu lagi ya, kita.. Rasanya baru kemarin deh main hujan pake seragam sekolah, dan sekarang udah tahun ketiga aja kuliah. Sedih, seneng, kaget, bingung, sampe gak tau lagi mau ngomong apa.. campur aduk semuanya jadi satu. Pernah gak sih randomly lagi keinget sama orang dan tiba-tiba orang itu bener-bener lewat depan mata; brings back all the memories and feelings and.. everything setelah bertahun-tahun you had your own battle with yourself, mati-matian cuma buat menolak untuk ingat. Tapi, kenapa?


Dua.

D: Terus sekarang gimana, Nis? Udah lebih baik, kan?
N: Iya, De.. harusnya sih gitu, ya. Tapi somehow gue masih agak sedih.. kenapa, ya?
D: Mungkin karena lo terpaksa juga sih, Nis.. jadinya berasa serba salah terus sedih deh. Kayak belum bisa nerima tapi ya gimana lagi.. gitu sih menurut gue.
N: Dea..... dari dulu emang cuma lo yang paling ngerti.. hahaha.
D: Posisi serba salah itu emang paling gak enak sih, bawaannya pengin lari jauh-jauh aja tapi gak bisa..
N: Hahahahaha. Iya gitu de. Bener. Banget.....

Terpaksa, serba salah, sedih, pengin lari.. tapi gak bisa. Kalo boleh jujur, itulah yang bener-bener gue rasain sekarang ini. Pengin banget bikin semuanya kembali seperti semula, atau seenggaknya cukup sampai baik-baik aja.. tapi ternyata gak bisa. Jatuhnya terpaksa.. jadinya begini karena memang jalannya harus begini. Pernah gak sih lo mengalami sesuatu yang sangat amat tidak membuat lo nyaman, tapi lo harus stay disitu sampe entah kapan, mungkin sampe fase hidup yang satu ini selesai.. dan apapun yang lo lakuin untuk memperbaiki keadaan ternyata tanpa bisa lo pungkiri malah makin bikin lo sakit hati. Tapi, kenapa?


Tiga.

M: Jadi, kamu tetap mau ambil topik ini? Dilanjutin juga buat skripsi?
N: Hmm.. sejauh ini sepertinya begitu, Prof. Kira-kira kalau saya pake teori yang ini bisa gak, ya?
M: Jadi agak memaksakan ya.. coba kamu cari teori yang lain, lagi pula saya masih sangsi sama topik kamu.
N: Hah? Maaf, sangsi gimana maksudnya, Prof?
M: Begini lho.. topik ini sebenarnya riskan sekali. Selain banyak kendalanya, kamu juga harus pastikan relevansi teorinya benar-benar dapat dipertanggungjawabkan. Kamu tahu, kan, pemerintah juga sudah akan buat kebijakan perihal masalah ini?
N: Err..... iya, Prof, soal kebijakan itu.. saya jadi ragu apa ini bisa diteruskan atau tidak.
M: Kamu ragu? Apalagi saya.

Kalo gue nya aja udah ragu.. apalagi orang lain, kan, ya. Mau itu dosen paling berderet gelarnya satu jurusan atau guru besar sekalipun. I mean, siapa juga yang bisa ngasih arah buat orang yang bahkan gak tau mau kemana? Bahwa pada dasarnya, apapun itu, sesuatu yang selama ini lo anggap benar, akan tetap benar selama lo meyakini bahwa itu benar. Sampai suatu ketika lo menemukan sedikit ketidakyakinan yang dipengaruhi oleh banyak faktor, dan pada akhirnya membawa lo pada ketidaktahuan harus menganggap benar hal yang seperti apa lagi.. kayak semuanya sia-sia aja gitu. Pernah gak sih semua hal yang selama ini lo yakini benar tiba-tiba jadi bullshit dalam sekejap?

Dan pernah gak sih se-kebetulan itu semua elemen di alam semesta seolah-olah berkonspirasi untuk membiarkan lo jatuh di satu waktu yang bersamaan?
Tapi, kenapa?

Jadi setakut itu untuk percaya lagi; sama apapun, sama siapapun. Setakut itu.